Cara Mengatasi Layar Touchscreen Error Atau Macet
Cara Mengatasi Layar Touchscreen Error Atau Macet


Smartphone tidak hanya berguna untuk telponan/smsan saja melainkan sudah sangat multifungsi. Anda dapat internetan, membuat jadwal kerja, membuat cashflow bulanan, mencari lokasi tertentu, atau sebagai database penyimpanan file. Karena sangat vital fungsinya, maka saat layar smartphone mengalami malfungsi, banyak orang yang bingung bagaimana cara mengatasi layar touchscreen error atau macet. Berbagai faktor bisa menyebabkan masalah pada layar smartphone, dan saat itu terjadi, otomatis Anda tidak bisa melakukan apapun pada smartphone Anda. Hal ini pastinya sangat menjengkelkan, biasanya orang-orang akan membawanya ke tempat servis terdekat, padahal sebenarnya tidak perlu.

Cara Mengatasi Layar Touchscreen Error Atau Macet

Sebelum Anda memutuskan untuk membawa smartphone ke tukang servis terdekat, sebaiknya cek dulu apa penyebab touchscreen bermasalah. Seperti kita tahu, sentuhan jari yang terlalu keras dapat mengakibatkan malfungsi pada touchscreen smartphone, terutama pada smartphone low-end. Untuk mengganti layar touchscreen, Anda harus merogoh kocek lumayan besar, terutama untuk ponsel-ponsel dengan layar besar. Jika ternyata layar touchscreen rusak karena mengalami keretakan parah, ya tidak ada pilihan lain, selain Anda harus menggantinya dengan yang baru. Untuk masalah ini sepertinya tidak ada cara mengatasi layar touchscreen error atau macet selain menggantinya dengan yang baru.

Layar touchscreen error juga memiliki banyak gejala seperti saat disentuh ternyata sering meleset, pergerakan kursor yang tidak tepat atau lambat, sering macet dan lain-lain. Berbeda dengan ponsel non-touchscreen, sangat susah mencari cara alternatif jika touchscreen mengalami masalah. Hal ini bisa terjadi karena ada software yang bermasalah pada smartphone atau adanya virus yang membuat layar mengalamai error atau macet. Beberapa cara mengatasi layar touchscreen error atau macet berikut ini semoga menjawab permasalahan pada smartphone Anda.

Cara Mengatasi Layar Touchscreen Error Atau Macet

Layar Kotor Karena Debu

Salah satu penyebab mengapa layar touchscreen error atau macet adalah karena banyak debu yang menempel pada layar. Nah jika ini yang terjadi, maka caranya sangat mudah kok, tinggal buka layar smartphone (jika tidak bisa, berikan pada yang ahli), lalu bersihkan dengan menggunakan alkohol isopropil.

Restart Smartphone

Layar touchscreen error atau macet juga bisa disebabkan karena kinerja smartphone yang terlalu berat. Caranya cukup mudah, tinggal restart smartphone Anda, lalu biarkan beberapa saat, lalu hidupkan kembali.

Mengatur Kalibrasi

Layar touchscreen error atau macet juga bisa disebabkan karena tingkat kalibrasi yang terlalu sensitif. Cara mengatasinya lumayan mudah kok, Anda tinggal masuk ke pengaturan lalu temukan menu kalibrasi.

Lepas Sumber Energi dan Data Semuanya

Cara lainnya adalah dengan melepaskan baterai, kartu SIM dan kartu memori pada ponsel. Biarkan beberapa saat, lalu hidupkan kembali.

Nah itulah beberapa cara mengatasi layar touchscreen error atau macet, semoga artikel ini bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar